• APPTI - AFILIASI PENERBIT PERGURUAN TINGGI INDONESIA
  • INDONESIAN UNIVERSITY PUBLISHERS AFFILIATION
  • apptijakarta2@gmail.com
  • 021-7864754-55 / 0895635385880
  • RSS
  • Pencarian

Munas APPTI Ke 4 Dibuka dengan Mars dan Hymne APPTI

Yogya - Pertama kalinya Munas APPTI Ke 4 (Musyawarah Nasional Afiliasi Perguruan Tinggi Indonesia Keempat) dibuka dengan Mars dan Hymne APPTI. Lagu kebanggaan APPTI itu dinyanyikan dengan baik oleh Tim Paduan Suara Universitas Sanata Dharma. Pembukaan Munas APPTI terasa meriah dengan Mars dan Hymne tersebut.

Mars dan Hymne APPTI itu pertama kali dikumandangkan saat Mukernas (Musyawarah Kerja Nasional) di Makassar Tahun 2022. Kedua lagu itu diciptakan oleh Andi Hasan dan Sayidiman (liriknya), dosen Universitas Negeri Makassar.
 
Sebagian syair Mars dan Hymne APPTI berbunyi “afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia penyebar ilmu dan pengetahuan iptek dan juga humaniora..,” kemudian disambung dengan Hymne APPTI “afiliasi penerbit perguruan tinggi mencerdaskan memajukan menciptakan iklim literasi.
 
Syair Mars dan Hymne APPTI itu selaras dengan dasarkerja APPTI selama ini. APPTI berusaha menciptakan iklim literasi, penyebar Iptek dan humaniora, dan kali ini didorong memasuki era sistem teknologi digitalisasi.
 

APPTI Mewarnai Dunia Perbukuan Nasional

Pembukaan Munas dilakukan di ruang Adicandra, Lantai 2, LPP Garden, Yogyakarta. Dalam sambutan pembukaan Ketua Panitia Munas APPTI Ke 4, Prof Dr Irfan Hilmy, menyatakan bahwa Munas ini dihadiri oleh sebagian besar anggota APPTI seluruh Indonesia. 

Menurut Irfan ali ini Munas dihadiri (1) Pimpinan Penerbit Perguruan Tinggi yang telah memiliki nomor keanggotaan APPTI, (2) Perwakilan Pengurus APPTI baik dari Pusat maupun Korwil diseluruh Indonesia, (3)Mitra kerja APPTI,undangan khusus, (4) Pendiri dan Pengurus lama APPTI.
 
Dalam sambutan pembukaan Irfan menyinggung soal perlunya APPTI berperan besar dalam dunia perbukuan Indonesia.
 
“Dunia publishing semakin pesat tidak hanya terpaku pada tradisi konvensional yang lama. Ini agar kontribusi unipres semakin nyata bagi dunia perbukuan di Indonesia dan dunia global,” kata Irfan. 

Sementara itu Ketua Umum (Ketum) APPTI, Dr Purnomo Ananto, M.M, menekankan peran strategis APPTI. APPTI, kata Purnomo, berperan laksana jantung dalam kehidupan sebuah perguruan Tinggi. Oleh karena itu, Lembaga Penerbitan sebagai media dimana sivitas akademika dapat menuangkan ide-ide barunya. 

APPTI harus menyampaikan IPTEKS baru hasil risetnya melalui buku dan media komunikasi yang lain perlu mendapat perhatian yang serius dari Pimpinan Perguruan Tinggi.

“Ibarat gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, seorang dosen mengakhiri karirnya dengan buku. Buku tidak hanya penting sebagai bahan ajar bagi mahasiswa, namun juga media pembelajaran bagi masyarakat” katanya. 

Buku, menurut Purnomo, sianggap sebagai wadah yang menampung dan menyebarluaskan IPTEKS baru hasil riset dosen dan mahasiswa, mempunyai arti strategis bagi pembangunan masyarakat dan bangsa.  

Tema Munas adalah “Peran APPTI dalam Mewujudkan Penerbit Perguruan Tinggi yang Cakap Digital dan Berkontribusi bagi Perkembangan Dunia Perbukuan di Indonesia.” Menurut Purnomo, tema ini sengaja diambil untuk mendorong dan memotivasi seluruh Penerbit Perguruan Tinggi di Indonesia. 

Bagi anggota APPTI tema itu digunakan untuk lebih melek teknologi digital yang pada gilirannya dapat menghasilkan buku yang berkualitas, menembus pasar global, serta untuk masyarakat di dalam negeri, selain produk buku/terbitan kita bermutu, juga dengan harga yang terjangkau (Murah) dan bisa disebarkan secara merata di seluruh tanah air.  

Menurut Purnomo tema ini sejalan dengan Undang-undang Nomor 3 Tahun 2017 tentang Sistem Perbukuan pada pasal 51 ayat (1) ditegaskan bahwa “Penerbitan Buku untuk pendidikan tinggi dapat dikelola oleh perguruan tinggi agar menghasilkan Buku Bermutu, murah, dan meratam” katanya lebih rinci. 

Sementara itu Prof Drh Aris Junaidi, Ph.D, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI)Wilayah V Yogyakarta, dalam sambutannya menekankan perlu APPTI memperluas sosialisasi Undang Undang Perbukuan.

“Perlu sosialisasi UU dan PP. Jika perlu APPTI membuat usulan kepada Menteri agar ada upaya memperkuat dan eningkatan kualitas buku, buku murah, dan terhindar plagiarisme. Karena itu harus ada edukasi. APPTI berperan melakukan edukasi,” kata Aris Junaidi. 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Resmi Dilantik, Pengurus APPTI Korwil JABANUSA

Jember - Pengurus Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) Korwil Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (JABANUSA) secara resmi dilantik menjadi pengurus periode 2023-2027 di

14/05/2024 15:12 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 492 kali
APPTI Apresiasi Kegiatan APPTIMA

Semarang - Sebagai bentuk apresiasi atas keberadaan Sekolah Menulis dan Menerbitkan APPTIMA, Rektor Universitas Pramita Indonesia yang pada awalnya menggunakan akronim UNPRI dan de

29/04/2024 10:12 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 358 kali
Penyerahan Royalti Penulis Buku Terbitan UMSU Press Tahun ke-4

Medan - UMSU Press mengadakan acara Penyerahan Royalti Penulisan Buku Terbitan UMSU Press Tahun Ke-4. Penyerahan royalti ini di berikan kepada 142 penulis buku di UMSU Press. Dalam aca

01/04/2024 09:15 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 728 kali
PERLUNYA GAYA SELINGKUNG PENEBIT DALAM PERSPEKTIF KERJASAMA

Jakarta - Penulis hadir mewakili Ketua Terpilih APPTI (2023-2027) Bapak Dr. Purnomo Ananto, M.M dalam forum diskusi penerbitan antar negara (Malaysia, China, Korea, Jerman) di area IIBF

26/10/2023 08:33 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 1049 kali
Pengurus APPTI 2023-2027 Ditunggu Implementasinya, Apa itu?

Jakarta - Dr Purnomo Ananto, Ketua Umum AfiliasiPenerbit Perguruan Tinggi Indonesia (Ketum APPTI) mengukuhkan dan melantik “kabinet”nya di Aula Politeknik Negeri Media Kreat

26/10/2023 08:33 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 1175 kali
Penerapan OBE Dan PBLL Dalam Peta Kompetensi Pengembang Buku Elektronik

Jakarta - Jumat 27 Oktober 2023 adalah hari dimana penulis mengisi kegiatan harian bersama mahasiswa sekaligus reuni dengan para senior yang lama berkecimpung dalam dunia perbukuan (Bam

26/10/2023 08:32 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 1512 kali
Purnomo Ananto: APPTI Bakal Perkuat Internasionalisasi dan Digitalisasi

Ketua Umum Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (Ketum APPTI), Dr Purnomo Ananto, MM, bakal memperkuat penerbitan perguruan tinggi (unipres/universitas press) ke ranah internasi

02/10/2023 11:40 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 769 kali
Munas APPTI Ke 4 Pilih Purnomo Ananto Sebagai Ketua Umum Periode 2023-2027

Yogyakarta - Peserta Munas APPTI Ke 4 (Musyawarah Nasional Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia Ke empat) memilih Dr Purnomo Ananto, MM, sebagai Ketua Umum APPTI Periode 202

27/09/2023 10:41 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 814 kali
APPTI Siap Berkolaborasi Menghadapi Persaingan Penerbitan di Era Digital

Yogya – Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) ke-4 di LPP Garden-Yogyakarta, 20-23 September 2023. Mengusung tema “Peran

27/09/2023 10:20 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 576 kali
Ketua Umum APPTI Dr. Purnomo Sebut University Press Ibarat Jantung bagi Perguruan Tinggi

Yogyakarta - Ketua Umum Afiliasi Penerbit Perguruan Tinggi Indonesia (APPTI) Dr. Purnomo Ananto, MM menyampaikan Penerbit Perguruan Tinggi atau University Press (UP), mem

27/09/2023 10:12 - Oleh sekretariat APPTI - Dilihat 536 kali